Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat dan Berkilau, Yuk Intip Penjelasannya!

Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa sudah digunakan sejak lama dan secara turun-temurun telah digunakan untuk rambut. Kandungan dari alam tersebut memiliki kemampuan untuk membuat rambut anda menjadi kuat, berkilau, dan banyak lagi manfaat yang didapatkan dari minyak kelapa. Coconut oil bukan saja minyak biasa, manfaatnya di luar kulit dan rambut. Penggunaan yang rutin akan mendapatkan rambut yang berkilau, halus, dan lembut.

Buang produk kondisioner, serum rambut, dan produk penataan rambut yang terbuat dari kandungan tidak alami, anda bisa beralih dengan menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Masker rambut dari minyak kelapa merupakan pemecah masalah secara alami. Minyak kelapa kaya akan sifat anti-bakteri dan anti-mikroba, Lauric Acid, dan Chain Fatty Acid yang membuat rambut menjadi lebih kuat serta memperbaiki kondisi kulit kepala. Ketombe akan berangsur menghilang dan membantu menumbuhkan rambut.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

Penjelasan diatas anda pastinya sudah sedikit mendapat gambaran bahwa minyak kelapa memiliki segudang manfaat, bukan saja pada rambut tapi bisa digunakan untuk merawat kulit. Nah, dibawah ini kami akan memberikan sedikit penjelasan terkait manfaat yang ditawarkan oleh minyak kelapa khususnya untuk rambut.

1. Minyak Kelapa Memiliki Antioksidan Yang Tinggi

Minyak kelapa kaya akan kandungan antioksidannya dan dapat memberikan nutrisi penting untuk rambut. Antioksidan seperti Vitamin E dan Vitamin K ditemukan dalam minyak kelapa, dan kita tahu Vitamin tersebut penting untuk menjaga kesehatan rambut. Vitamin E dan K dapat membantu memperbaiki serta membantungan jaringan sehat pada rambut. Saat anda mengoleskan minyak kelapa ke rambut anda, ia dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan yang dilakukan pada rambut karena produk-produk rambut yang dipenuhi dengan kandungan bahan kimia. Selain itu, Vitamin E dan K juga membuat rambut anda menjadi lebih lembut, mudah diatur, dan sehat berkilau.

2. Minyak Kelapa Mengandung Asam Kaprilat (Caprylic Acid)

Asam Kaprilat adalah asam lemak jenuh yang baik dan memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan anti-inflamasi. Banyak penelitian yang dilakukan pada asam kaprilat pada minyak kelapa. Studi menunjukkan bahwa ia memiliki sifat antibakteri dan anti-mikroba, bakteri dan mikroba dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Mikroba yang dapat menyebabkan rambut rontok akan dibasmi, dan dapat memicu munculnya rambut baru secara alami dan mengurangi ketombe.

ADVERTISEMENT


3. Kaya Akan Asam Lauric Acid Nutrisi Utama Rambut

Asam laurat atau Lauric Acid adalah lemak jenuh yang lebih sehat karena masuk dalam Medium Chain Triglyceride (MCT). Sebagi MCT, asam laurat lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, kulit, serta rambut. Protein rambut akan mudah mengikat dengan asam laurat dari minyak kelapa ini secara bertahap akan membuat rambut akan menjadi kuat setiap helainya dan menghentikan kerusakan rambut karena penipisan.

Sifat bakterisida yang tinggi pada asam laurat dapat digunakan juga untuk mengobati kulit berjerawat secara efektif dan alami. Sudah dilakukan penelitian terhadap asam laurat, asam tersebut berfungsi sebagai metode pengobatan antibiotik terhadap bakteri Propionibacterium yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Bakteri dapat memicu peradangan folikel, terutama ketika bakteri kulit lain seperti Staphylococcus aureus (S. aureus), and Staphylococcus epidermidis (S. epidermidis).

4. Terdapat Kandungan Nutrisi Esensial Lainnya

Asam Kaprat (Capric Acid) merupakan asam lemak medium-chain fatty acid yang ditemukan dalam lemak jenuh. Nutrisi yang berlimpah dalam minyak tumbuhan tropis seperti minyak kelapa ini. Asam kaprat, bersama dengan lainnya bertanggung jawab atas manfaat kesehatan yang terdapat pada minyak kelapa. Capric Acid mempunyai sifat antivirus dan anti-mikroba yang kuat, asam kaprat akan diubah menjadi monocaprin di dalam tubuh yang baik untuk memerangi virus, bakteri, dan ragi.

Semua nutrisi yang ditemukan pada minyak kelapa yang baik untuk rambut dan kulit kepala. Minyak kelapa adalah satu-satunya yang dapat mengurangi kehilangan protein untuk rambut. Trigliserida dari asam laurat yang merupakan asam lemak utama, memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut dan berat molekulnya juga rendah sehingga mampu menembus batang rambut.

Beberapa Tips Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Minyak Kelapa

Tips Yang Bisa Anda Lakukan Dengan Minyak Kelapa

Sebelum anda mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut anda, baca terlebih dahulu beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam menggunakan minyak kelapa yang baik.

1. Aplikasikan Pada Rambut dan Kulit Kepala

Kami selalu berfikir bahwa terlalu banyak hal yang baik dari minyak kelapa. Menggunakan sedikit juga sama manfaatnya, tidak berarti bahwa terlalu banyak akan lebih baik. Mengoleskan dengan jumlah yang tepat sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, memberikan minyak kelapa dengan jumlah yang terlalu banyak dapat menyumbat folikel rambut yang jelas tidak baik untuk kesehatan rambut.

2. Campurkan Minyak Kelapa Dengan Bahan Lainnya

Minyak kelapa memiliki manfaat yang dapat ditingkatkan dengan mencampurkannya dengan bahan lainnya seperti minyak esensial, minyak jarak, minyak zaitun, argan oil, dan minyak lainnya. Senyawa yang berbeda dari bahan-bahan tersebut dapat saling bercampur satu dengan lainnya, kekuatan bahan akan meningkat sehingga memberikan manfaat yang ekstra untuk merawat kesehatan rambut.

Kandungan bahan lainnya seperti madu, alpukat, telur, juga baik untuk merawat kesehatan rambut. Ketika dicampur dengan minyak kelapa, akan memberikan kelembaban pada rambut sehingga memberikan kekuatan ekstra.


3. Alergi Terhadap Minyak Kelapa

Untuk anda yang memiliki alergi terhadap minyak kelapa, selalu melakukan tes tempel terlebih dahulu sebelum mengoleskannya. Mungkin ada kemungkinan rambut atau kulit kepala anda tidak dapat merespon dengan baik kandungan minyak kelapa setelah dioleskan. Jadi, sebelum mencoba apapun, ada baiknya untuk melakukan semua langkah yang diperlukan untuk memeriksa apakah bahan tersebut dapat memunculkan alergi.

Bagaimana Cara Mengaplikasikan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Minyak Kelapa untuk Rambut

Mungkin anda ingin mendapatkan ide untuk mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut anda. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi cara mengaplikasikan minyak kelapa seperti dibawah ini.

1. Minyak Kelapa Untuk Pertumbuhan Rambut

Bahan-Bahan :

  • 1 atau 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • 5 Tetes minyak esensial rosemary

Cara membuatnya cukup mudah, ambil mangkuk yang berisi air panas. Ambil minyak kelapa lalu campurkan dengan mangkuk yang berisi air panas tersebut. Proses ini akan menghangatkan minyak kelapa. Sekarang, anda dapat mencampurkan esensial rosemary di dalamnya. Setelah campuran tersebut dirasa hangat, oleskan ke kulit kepala anda serta rambut dan berikan pijatan lembut lalu biarkan selama 5-10 menit.

Minyak kelapa yang masih hangat akan membuka folikel rambut dan masuk jauh hingga ke akar. Minyak esensial rosemary merupakan minyak terbaik untuk pertumbuhan rambut dan dapat mengatasi masalah penipisan pada rambut. Cara ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru sekitar 20%. Anda juga bisa menggunakan racikan ini untuk kondisioner, anda bisa menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu. Rambut rontok saat disikat dan masalah penipisan rambut akan dapat diatasi dengan penggunaan yang teratur.

Kulit kepala yang tidak sehat adalah alasa utama dibaliknya rambut anda tidak tumbuh. Rambut dan kulit kepala membutuhkan yang namanya nutrisi, dengan nutrisi yang tepat akan membuat pertumbuhan rambut serta kulit kepala juga akan dapat di nutrisi dengan bantuan minyak kelapa ini. Banyak orang yang berfikir bahwa masalah rambut tidak tumbuh tidak dapat diatasi, pada kenyataannya, kerusakan rambut baik rontok atau penipisan dikarenakan kurangnya nutrisi penting untuk rambut.

Berikan perhatian pada rambut anda dengan perawatan menggunakan minyak kelapa dan rasakan perbedaannya. Kami tidak mengatakan bahwa dengan menggunakan bahan-bahan diatas dapat langsung menyelesaikan masalah anda. Gunakan secara teratur untuk mengatasi masalah pertumbuhan rambut anda. Sifat antibakteri dan antimikroba dari minyak kelapa dapat membunuh mikroba yang menyebabkan rambut rusak dan menembus kedalam akar rambut sehingga nutrisi dapat masuk dengan baik. Selain itu, rambut akan terasa lebih lembut dan mudah untuk diatur dengan penggunaan yang rutin.

2. Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Ketombe

Bahan-Bahan :

  • 1 atau 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • 5 tetes minyak esensial tea tree
  • 1 sendok makan fresh lemon juice

Campurkan minyak kelapa dengan tea tree oil dan tambahkan juga perasan jeruk lemok tersebut lalu aduk hingga rata. Oleskan racikan tersebut di kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama 5 menit. Gunakan shower cap dan bilas dengan shampo anti ketombe setelah didiamkan selama 1 jam. Untuk mendapatkan hasil uang baik, anda bisa menggunakannya dalam 2 kali seminggu.

Tea tree oil dan perasan lemon sangat efektif untuk memerangi ketombe. Kedua bahan tersebut memiliki sifat anti-mikroba sehingga baik untuk membunuh mikroba dan membuat kulit kepala tetap sehat. Minyak tea tree bermanfaat untuk menenangkan kulit kepala yang gatal, menghilangkan ketombe dan memicu tumbuhnya rambut baru.

Anda juga bisa menggunakan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan minyak kelapa untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit kepala anda. Lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi semua masalah di rambut. Selain itu, dapat memperbaiki rambut yang rusak dan membuat rambut menjadi mudah diatur serta berkilau.

Ketombe bisa menjadi masalah yang serius jika tidak diatasi secara serius. Munculnya ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering, kulit kepala kotor, dan penggunaan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia keras. Penggunaan minyak kelapa secara teratur akan mengatasi masalah anda karena asam laurat dan asam kaprat, asam tersebut dapat membunuh mikroba yang menyebabkan kulit kepala kering dan bersisik.


3. Minyak Kelapa Mengatasi Rambut Bercabang

Bahan-Bahan :

  • 1 atau 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan madu

Campur minyak kelapa dengan telur lalu aduk dengan rata. Tambahkan madu kedalam campuran tersebut, setelah bahan telah bercampur secara sempurna. Oleskan ke kulit kepala dan rambut anda, diamkan setidaknya selama 30-40 menit. Cuci rambut anda hingga bersih dengan shampoo berbahan organik atau herbal. Gunakan racikan untuk mengatasi rambut bercabang ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Telur dan minyak kelapa ini memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki rambut yang kering dan bercabang. Protein dalam jumlah yang banyak dimiliki oleh telur sehingga membuat rambut anda menjadi sehat kembali dan terjaga kelembutannya. Nutrisi yang tepat juga akan membuat pertumbuhan rambut baru. Madu bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala anda sehingga kulit kepala anda tetap sehat.

Ujung rambut yang pecah adalah pemisahan helai rambut, hal tersebut dikarenakan oleh perawatan rambut yang kurang tepat seperti penggunaan blow dryer berlebihan, menyikat rambut yang basah dan terlalu berlebih. Ujung rambut bercabang banyak ditemukan pada mereka yang memiliki rambut kering dan rusak. Maka dari itu, penggunaan minyak kelapa dapat mengatasi secara bertahap masalah rambut bercabang.

4. Minyak Kelapa Untuk Rambut Rontok

Bahan-bahan :

  • 1 atau 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • 7 tetes minyak esensial rosemary
  • 1 sendok makan perasan jahe segar

Gunakan 2-3 inci jahe segar dan ekstrak menjadi jus. Campurkan jahe dengan minyak kelapa dan esensial rosemary, oleskan ini ke kulit kepala anda. Setelah diaplikasikan dan diamkan sekitar 20-30 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan shampoo organik dan herbal. Gunakan setidaknya 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Jahe baik untuk mengatasi kerontokan rambut karena kaya akan kalium, magnesium, dan Vitamin E yang membuatnya dapat mengatasi masalah kerontokan. Minyak kelapa saat dicampur dengan perasan jahe akan sangat baik mengatasi kerontokan tersebut. Kedua bahan tersebut memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang baik untuk membunuh mikroba dan menyumbat folikel rambut untuk menumbuhkan rambut baru.

Masalah rambut rontok akan membuat anda menjadi frustasi, setiap orang menghadapi masalah semacam ini dalam tahap kehidupannya. Rambut rontok muncul karena beberapa sebab diantaranya program diet yang tidak tepat, stres, perubahan hormon, penggunaan perawatan rambut yang salah, perawatan medis, dan masih banyak lagi penyebabnya. Kita dapat mengatasi masalah ini dari akar, dan diperlukan kesabaran dan perawatan yang rutin.


5. Minyak Kelapa Mengatasi Masalah Rambut Kering

Bahan-bahan :

  • 2 sendok makan minyak kelapa murni
  • 1 gelas yogurt
  • 1 sendok makan minyak bunga matahari

Campurkan semua bahan tersebut didalam wadah lalu oleskan di kulit kepala dan rambut anda hingga merata. Biarkan selama 30 hingga 40 menit dan keramas rambut anda dengan shampoo. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yogurt alami kaya akan protein, ia akan memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh kuat dan sehat.

Yogurt juga memiliki lemak yang dapat melembabkan rambut anda dan dapat digunakan sebagai kondisioner alami yang baik. Apakah anda sedang berusaha untuk menumbuhkan rambut baru anda? Tenang, Asam laktat yang terkandung dari yogurt sangat bagus untuk membersihkan kulit kepala dan membersihkan sel-sel kulit yang mati untuk membantu folikel rambut tetap tumbuh. Gunakan masker minyak kelapa ini untuk mengatasi masalah di rambut anda.

Bagaimana Cara Memilih Minyak Kelapa Yang Baik Untuk Rambut?

Cara Memilih Minyak Kelapa Yang Baik Untuk Rambut

Ada banyak sekali jenis minyak kelapa yang beredar di pasaran saat ini, anda harus memilih yang benar-benar sesuai untuk anda. Yuk, simak beberapa penjelasan kami minyak kelapa mana yang baik untuk rambut anda.

1. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau dipanggil juga dengan virgin coconut oil adalah bahan terbaik untuk merawat rambut. Virgin coconut oil didapat dari daging kelapa yang telah matang secara maksimal. Ini baik, karena minyak lemak tersebut datang dari proses pengolahan daging kelapa. Tidak membutuhkan campuran bahan kimia untuk mengekstrak kelapa menjadi minyak. Sejauh ini, minyak kelapa murni adalah yang terbaik dan pasti memiliki manfaat yang paling banyak saat menggunakannya.

2. Minyak Kelapa Extra

Menurut pendapat kami, tidak begitu banyak perbedaan antara virgin coconut oil dengan extra virgin coconut oil. Jika anda ingin menggunakan minyak kelapa ekstra ini, anda bisa menggunakannya dan akan mendapatkan manfaat darinya juga.

3. Minyak Kelapa Olahan

Minyak kelapa olahan adalah produk yang minyak kelapa yang bukan paling murni jika dibandingkan dengan 2 daftar diatas. Tapi, produk minyak kelapa olahan menjadi favorit banyak orang karena memberikan semua manfaat yang ditawarkan oleh minyak kelapa. Produk tersebut tidak memiliki rasa dan aroma minyak kelapa yang khas, dan juga kurang berpotensi memicu alergi untuk anda. Ini termasuk dengan minyak kelapa yang halus karena diproses dari ekstraksi minyak alami tanpa menggunakan bahan kimia, anda pastinya tidak akan memilih produk yang mengandung bahan kimia untuk kepala anda.

ADVERTISEMENT


4. Minyak Kelapa Cair

Ini adalah minyak kelapa alami yang telah difraksinasi. Ia akan tetap dalam bentuk cair jika disimpan pada suhu kamar, dan berbeda degan minyak kelapa murni. Tetapi, minyak kelapa cair memiliki beberapa kerugian untuk anda. Minyak kelapa cair diproses dengan mencapai karakteristiknya yang unik, dan beberapa aspek utama yang terkandungan pada minyak kelapa dihilangkan. Salah satu kandungan yang dihilangkan adalah asam laurat, lemak yang sehat dan ditemukan dalam sebagian besar minyak kelapa. Meskipun minyak kelapa untuk versi ini aman untuk digunakan, tetapi manfaatnya sudah berkurang.

5. Minyak Kelapa RBD

RBD adalah singkatan dari Refined Bleached and Deodorized. Minyak kelapa jenis ini tidak baik untuk digunakan bagi manusia. Sebab, minyak ini yang di pasaran mengandung atau terdapat kandungan zat kimia. Proses untuk menciptakan produk minyak kelapa RBD ini akan menghilangkan rasa dan bau khas kelapa. Maka dari itu, kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan minyak kelapa RBD atau minyak sawit.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada anda terkait manfaat minyak kelapa untuk rambut. Minyak kelapa kaya akan manfaat dan baik untuk menyehatkan rambut anda. Gunakan secara teratur untuk mengatasi masalah rambut anda, kami tidak menjanjikan hasil yang instan, tetapi penggunaan yang rutin akan berdampak baik untuk kesehatan rambut. Bagikan tulisan ini ke akun jejaring sosial anda, semoga informasinya berguna untuk anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*