10 Manfaat Olahan Masker Wajah Madu Untuk Kecantikan

masker wajah madu

Setiap orang menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya pastinya. Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak produk skincare yang dapat membantu wajah menjadi lebih glowing. Dalam setahun terakhir ini banyak sekali produk perawatan wajah dari menggunakan kandungan alam. Tetapi, tidak sedikit juga produk perawatan kecantikan yang menggunakan kandungan bahan kimia yang membuat kulit anda menjadi ketergantungan dan efek jangka panjangnya sangat berbahaya. Jika anda takut untuk menggunakan skincare, anda bisa melirik untuk menggunakan madu sebagai masker wajah.

Kita semua tau betapa sulitnya untuk melindungi kulit setiap kali keluar rumah, polusi di jalan dapat memicu kulit menjadi rusak. Tanpa kita sadari bahwa polusi, kotoran, bakteri yang ada di udara dapat menyebabkan kerusakan kulit. Kalau sudah begitu jerawat, keriput, pigmentasi, dan masalah kulit lainnya akan muncul. Setiap masalah pasti ada solusinya kan, untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan bahan alami seperti madu.

Madu adalah salah satu produk yang dihasil dari lebah, bukan saja untuk kecantikan, madu juga kaya akan manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Nah, anda pasti penasaran manfaat dari mandu yang luar biasa tersebut? So, anda bisa merencanakan untuk menggunakan masker madu dalam daftar skincare routine anda.

Manfaat Masker Madu Bagi Wajah

Manfaat Masker Madu Bagi Wajah

Madu memang sudah dikenal baik, apalagi di Indonesia. Kita juga sudah mengetahui bahwa lebah madu juga sudah bisa diternakan sehingga untuk mendapatkan madu murni juga tidak begitu sulit. Nektar yang dihasilkan dari bunga dapat dijadikan madu oleh lebah, dan sudah digunakan sejak lama sebagai obat untuk masalah kesehatan dan kulit. Memiliki nutrisi yang kaya, madu sangat baik untuk menjaga kesehatan anda. Menggunakan masker madu pada wajah dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bekas luka, pigemtasi, noda hitam, kulit kering, dan masih banyak lagi.

Mengatasi Masalah Jerawat

Madu memiliki sifat antiseptik, dan dapat menyerap kotoran yang tersumbat di pori-pori maka dari itu dapat digunakan sebagai agen pembersih. Bukan hanya itu saja, madu juga memiliki khasiat seperti antibakteri sehingga dapat menyembuhkan dan menenangkan kulit yang mengalami peradangan karena jerawat. Selain itu, madu alami akan mendetoksifikasi tubuh anda dan membersihkan darah juga. Wajah yang berjerawat akan rentan dengan namanya kusam, maka dari itu dibutuhkan madu untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih bercahaya serta sehat.

Menghilangkan Area Gelap Pada Kulit

Karena memiliki sifat antibakteri yang baik dan pelembab, madu juga memiliki khasiat untuk menghilangkan noda hitam, lingaran hitam atau dark circle, masalah pigmentasi, dan bekas jerawat. Menggunakan masker madu dengan campuran minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi bekas luka dan mengurangi sisa jerawat di wajah.


Mengurangi Keriput di Wajah

Menggunakan masker wajah madu dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan terhidrasi dengan optimal. Kelembaban dan nutrisi tambahan pada kulit akan membantu untuk mengurangi kerutan pada wajah. Selain itu, madu memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menunda proses penuaan dini.

Dapat Melembutkan dan Merawat Kulit Kering

Masker wajah denga madu yang dikombinasikan dengan yoghurt dapat membantu merawat wajah dari kulit kering dan bersisik. Dengan khasiat humektannya, madu dapat melembabkan kulit wajah dengan maksimal.

Jika anda memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, anda juga bisa menggunakan madu murni untuk mengurangi masalah tersebut. Setelah anda mengaplikasikan madu ke bibir anda, madu akan menyerap dengan baik ke dalam bibir sehingga membuat bibir menjadi lebih kenyal serta halus.

Membantu Mencerahkan Kulit

Madu memiliki sifat antibakteri sehingga mampu mencerahkan kulit, madu dapat melindungi kulit dari kuman yang hinggap tanpa kita sadari. Pori-pori yang tersumbat dengan kotoran, minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri dapat dibersihkan dengan bantuan madu. Dengan demikian, kulit anda akan menjadi lebih cerah dan sehat.


Cara Alami Membuat Masker Wajah Madu

Setelah anda membaca beberapa penjelasan mengenai manfaat dan khasiat madu diatas, mungkin anda berencana untuk mengaplikasikannya. Nah, dibawah ini kami akan menjelaskan cara membuat masker wajah madu secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Beberapa masalah kulit akan mudah diatasi dengan penggunaan yang rutin, kami tidak menjanjikan hasil secara instan, tetapi dengan penggunaan yang rutin akan memberikan hasil yang maksimal. Yuk, ikuti langkah pembuatannya dibawah.

1. Masker Wajah Madu dan Kunyit untuk Mengatasi Jerawat

masker wajah madu dan kunyit

Untuk menjadi cantik, wanita rela untuk mengeluarkan banyak uang agar memiliki tampilan wajah yang sehat dan cantik. Selain berolahraga yang rutin, menggunakan masker wajah juga dapat membantu untuk membuat anda menjadi lebih cantik. Masker mungkin adalah pilihan yang tepat untuk memanjakan diri anda saat diakhir pekan setelah hampir seminggu beraktifitas. Menggunakan masker wajah yang mengkombinasikan antara madu dan kunyit sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan mampu menenangkan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Penggunaan kunyit sangat populer untuk mengurangi jaringan parut jerawat dan jerawat. Mengkombinasikan madu dan kunyit dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat karena kotoran, bakteri, dan sel-sel kulit mati. Penggunaan yang rutin akan membuat kulit anda menjadi sehat kembali, dan masalah jerawat akan diatasi.

Cara Membuat Masker Madu dan Kunyit

Untuk membuat masker wajah dengan madu dan kunyit sangatlah mudah, anda bisa menyiapkan bahan-bahan dibawah ini.

Bahan masker madu dan kunyit:

  • 1 Sendok Makan Madu Murni
  • Sejumput Bubuk Kunyit

Cara membuatnya:

Campurkan sejumput kunyit tersebut dengan satu sendok makan madu. Setelah madu dan kunyit bercampur dengan sempurna, oleskan campuran tersebut pada area wajah yang munculnya jerawat dan diamkan sekitar 20-30 menit. Lakukan pembilasan wajah menggunakan air hangat. Jangan menggunakan bubuk kunyit yang terlalu berlebihan karena dapat menodai kulit anda.

2. Masker Wajah Madu dan Kayu Manis untuk Jerawat

masker wajah madu dan kayu manis

Tanpa kita sadari, kayu manis sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah. Bukan saja digunakan sebagai bumbu dapur, tapi bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat juga. Kayu manis memiliki manfaat yang luar biasa karena memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Sifat kuat yang dimiliki oleh kayu manis dapat melawan jerawat dan cacat pada kulit.

Kayu manis mampu mengeringkan jerawat lebih cepat dan menguranginya. Kombinasi antara madu dan kayu manis sangat baik sekali untuk mengatasi masalah jerawat.

Bahan masker madu dan kayu manis:

  • 1 hingga 2 sendok makan madu murni
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis organik

Cara membuatnya:

Campurkan kedua bahan tersebut, setelah bercampur sempurna seperti pasta. Anda oleskan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu, gunakan campuran tersebut pada area jerawat dan bekas jerawat. Biarkan pasta madu dan kayu manis itu mering sekitar 15-20 menit dan bilas wajah anda dengan air bersih.

3. Masker Wajah Madu dan Lemon untuk Mencerahkan Kulit

masker wajah madu dan lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit, vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Jeruk lemon juga memiliki kandungan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, lemon juga berkhasiat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan membuka pori-pori. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif, kami tidak menyarankan untuk menggunakan campuran lemon.

Bahan masker madu dan lemon:

  • 1 sendok makan madu murni
  • 2 hingga 3 tetes minyak esensial lemon

Cara membuatnya:

Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk hingga menjadi pasta, oleskan pada seluruh wajah anda. Biarkan campuran tersebut mengering di wajah anda sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah dirasa cukup, bersihkan wajah anda hingga tidak ada sisa pasta di kulit.

ADVERTISEMENT


4. Masker Wajah Madu dan Tomat Untuk Mencerahkan Kulit

masker wajah madu dan tomat

Nah, untuk anda yang memiliki kulit sensitif terhadap lemon. Anda bisa mencoba masker tomat dengan madu ini. Perpaduan tomat dan madu akan membuat kulit anda menjadi lebih cerah bercahaya dan mengatasi wajah yang kusam. Tomat bisa digunakan dalam berbagai cara untuk meningkatkan kecantikan anda.

Ketika tomat dioleskan pada kulit wajah, ia akan menghidupkan kembali cahaya pada wajah anda dan meratakan kulit anda karena pigmentasi. Tomat mengandung Vitamin C yang dapat mengeluarkan racun, kotoran, dan minyak yang berlebih dari pori-pori. Maka dari itu, tomat memang sudah dikenal dapat mencerahkan kulit dan menyehatkannya juga.

Bahan masker madu dan tomat:

  • 1 sendok makan Tomato puree
  • 2 sendok makan madu

Cara membuatnya:

Haluskan tomat terlebih dahulu, jika anda menggunakan tomato puree, anda hanya membutuhkan 1 sendok makan saja. Letakkan tomato puuree ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata, dan oleskan ke seluruh wajah anda. Setelah mengering, berikan pijatan lembut ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Bilas wajah dengan air hingga bersih lalu keringkan dengan handuk bersih.

5. Masker Wajah Madu dan Susu Sapi untuk Melembabkan Kulit

masker wajah madu dan susu sapi

Asam laktat yang terdapat pada susu dapat membantu anda dalam melembabkan kulit, menyembuhkan kulit yang kering, mengurangi jerawat, dan pigmentasi. Tidak hanya itu, susu juga berperan untuk membersihkan kulit. Kulit akan dibantu untuk proses pengelupasan dengan cara membuka pori-pori yang terdapat bakteri, kuman, dan sel-sel kulit mati. Untuk anda yang alergi terhadap susu sapi, mohon untuk tidak menggunakan cara ini.

Bahan masker madu dan tomat:

  • 1 sendok makan madu murni
  • 1/2 sendok teh susu

Cara membuatnya:

Campurkan susu dan madu dengan cara diaduk hingga menjadi pasta halus dan lembut. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah anda dan berikan pijatan lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Diamkan campuran tersebut sekitar 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Masker Wajah Madu dan Oatmeal untuk Menenangkan Kulit

masker wajah madu dan oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan saposin yang dapat membantu mengangkat kotoran penyebab tersumbatnya pori-pori. Yang mengejukan, oatmeal memiliki sifat anti-oksidan sehingga dapat membantu menghilangkan kerusakan pada kulit wajah yang disebabkan oleh polusi, bahan kimia, dan sinar UV.

Oatmeal sangat efektif untuk melembabkan kulit, menutrisinya dan mampu menenangkan kulit. Ketika kulit dirawat dengan baik, ia akan terbebas dari masalah kulit dan tidak rentan akan alergi.

Bahan masker madu dan oatmeal:

  • 1 hingga 2 sendok makan madu murni
  • 1/2 cangkir oatmeal

Cara membuatnya:

Campurkan oatmeal dengan madu, biarkan oatmeal pada suhu kamar beberapa saat. Oleskan campuran oatmeal dan madu ke seluruh wajah hingga leher anda, atau pada area kulit yang gelap. Biarkan selama 20-30 menit dan berikan pijatan lembut dengan gaya melingkat. Bilas wajah anda dengan air hangan dan keringkat dengan handuk bersih. Pada tahap terakhir, gunakan pelembab wajah anda.


7. Masker Wajah Madu dan Green Tea untuk Kulit Berminyak

masker wajah madu dan green tea

Teh hijau baik untuk kulit anda, anda bisa mengkonsumsinya ataupun mengoleskannya ke wajah. Green tea memiliki kandungan anti-oksidan, asam askorbat, dan mineral lainnya yang dapat menjaga kesehatan kulit dan menghambat produksi minyak berlebih. Sifat anti-oksidan yang dimiliki oleh teh hijau, mampu membersihkan kulit anda dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

Bahan masker madu dan teh hijau:

  • 1 kantong teh hijau
  • 1 sendok makan madu murni

Cara membuatnya:

Rendam kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit. Angkat kantong teh hijau dan biarkan hingga dingin. Buka kantong teh hijau dan campurkan serbuk teh hijau dengan 1 sendok makan madu. Cuci muka anda dengan rendaman teh hijau tersebut, setelah itu, oleskan campuran madu dan bubuk teh hijau ke wajah anda. Biarkan hingga kering dan bersihkan wajah dengan air bersih.

8. Masker Wajah Madu dan Alpukat untuk Kulit Kering

alpukat bahan masker alami

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan asam lemak, dan memiliki khasiat untuk melembabkan kulit. Selain itu, alpukat mengandung nutrisi penting lainnya yang dapat menjaga kulit wajah agar tetap lembab dan sehat. Itulah alasannya, mengapa banyak sekali produk perawatan kulit seperti pelembab, krim lotion, dan sunscreen menggunakan kandungan alpukat sebagai bahan utamanya.

Bahan masker madu dan alpukat:

  • 1 sendok teh alpukat tumbuk
  • satu sendok makan yoghurt
  • 1 sdt madu murni

Cara membuatnya:

Campurkan semua bahan tersebut dalam mangkuk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada waja hingga leher anda. Diamkan hingga kering dan bilas hingga bersih.

9. Masker Wajah Madu dan Wortel untuk Kulit Sensitif

wortel untuk skincare routine

Wortel adalah sumber nutrisi dan mineral penting bagi tubuh. Sayuran ini dapat membantu mengatasi kulit yang sedang mengalami peradangan karena jerawat. Jika anda sedang menjalankan program diet, wortel adalah ide yang tepat untuk menambah nutrisi anda. Manfaat yang diberikan oleh wortel seperti meningkatkan tekstur kulit, penglihatan mata, dan kesehatan pastinya.

Bahan masker madu dan wortel:

  • Beberapa irisan wortel
  • 2 sendok makan madu

Cara membuatnya:

Haluskan beberapa irisan wortel tersebut, anda bisa menggunakan penggiling tetapi tidak disarankan untuk menggunakan penggiling bekas membuat bumbu masakan karena bisa memberikan efek lain. Setelah halus, tambahkan dua sendok madu ke dalam campuran wortel tersebut. Setelah bahan-bahan tercampur rata, oleskan masker ke seluruh wajah dan leher anda. Diamkan hingga kering berkisar 30 menit, cuci wajah anda hingga bersih.


10. Masker Wajah Madu dan Minyak Mawar untuk Kulit Berminyak

rosehip oil untuk kecantikan

Minyak mawar atau lebih dikenal dengan Rosehip Oil, rosehip oil sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Memiliki sifat anti-oksidan, anti-septik, dan astrigen menjadikan bahan alami tersebut sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat, kulit berminyak, peradangan, dan jaringan parut jerawat.

Selain itu, minyak mawar juga membantu kulit anda agat tetap lembut dengan cara mengendalikan minyak yang berlebih pada wajah. Maka dari itu, banyak sekali produk perawatan wajah seperti pelembab menggunakan kandungan rosehip oil.

Bahan masker madu dan rosehip oil:

  • 1 sendok makan madu
  • Beberapa tetes rosehip oil

Cara membuatnya:

Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan biarkan hingga mengering sempurna. Bilas wajah anda dengan bersih setelah pengaplikasian sekitar 20-30 menit.

Peringatan!

Beberapa jenis kulit terkadang alergi dengan madu atau saat setelah menjad masker madu. Cara membuat masker wajah dengan madu tersebut mungkin saja tidak sesuai dengan beberapa jenis kulit. Sebelum menggunakannya, ada baiknya untuk mengetesnya terlebih dahulu dengan cara melakukan tes tempel.

Dalam kasus lainnya, madu dan dikombinasikan dengan bahan lainnya dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit anda. Namun, karena sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi alami yang dimiliki oleh madu dapat menjadikannya masker wajah efektif jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Jadi, pilih bahan kombinasi yang tepat dan sesuai dengan kulit anda.

Madu memiliki sifat anti-bakteri, anti-septik, anti-alergi, dan antioksidan. Madu adalah obat yang paling efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, noda hitam, pigmentasi, kulit berminyak, dan masalah kulit lainnya. Jika madu dikombinasikan dengan bahan yang tepat, ia akan memberikan efek yang sempurna untuk mengatasi masalah kulit anda.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Dengan Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*