6 Langkah Untuk Mengontrol Kilau Pada Kulit Berminyak

Kulit Berminyak

Pastinya sangat menjengkelkan ketika saat melihat ke cermin dan mendapati wajah anda tampak berminyak seperti sedang menakuti anda. Tidak seperti jenis kulit lainnya, orang yang memiliki kulit berminyak memang membutuhkan perawatan yang lebih. Kulit yang berminyak dapat menghasilkan sebum yang banyak, dan membuat wajah menjadi tampak mengkilau. Sampai pada akhirnya wajah anda akan bermunculan jerawat dan komedo.

Kulit yang berminyak susah untuk dibendung kemunculannya, wajah akan mengkilap pada siang hari yang membuat kecantikan anda akan berkurang. Anda bisa mengontrol minyak berlebih pada kulit berminyak, minyak berlebih yang biasa terjadi pada T-Zone dan U-Zone wajah anda. Nah, agar kamu tetap bisa untuk mengontrol minyak, kami berikan beberapa tips untuk anda agar dapat menangani masalah kulit berminyak.

Pilih Pembersih Wajah Yang Tepat

Pilih Pembersih Wajah Yang Tepat

Langkah awal untuk mengendalikan minyak berlebih pada wajah anda adalah dengan memilih pembersih wajah yang memiliki formula khusu untuk kulit berminyak. Gunakan produk yang memiliki sifat untuk mengendalikan minyak dan juga mengatasi masalah jerawat. Kami merekomendasikan penggunaan facial wash dari PIXY untuk menjaga produksi minyak berlebih dan melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Anda juga bisa menggunakan produk dengan kandungan Tea Tree Oil, bahan tersebut memiliki antibakteri sehingga mampu mengurangi inflamasi yang dipicu dari jerawat. Produk pembersih wajah dari The Body Shop bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Peradangan yang diakibatkan oleh jerawat bisa diatasi dengan pembersih wajah ini, selain itu, memiliki formula yang dapat mengendalikan minyak berlebih pada wajah.

Selalu Gunakan Toner

Selalu Gunakan Toner

Setiap kali membersihkan wajah, tingkat pH kulit akan berkurang, sehingga produksi minyak di T-Zone akan semakin buruk. Apa itu Toner? toner merupakan bagian dari rangkaian produk perawatan dan kecantikan kulit yang memiliki bahan dasar solution dan telah disesuaikan dengan kondisi kulit rata-rata orang. Fungsi utama dari toner adalah mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah dan tidak terangkat saat anda mencuci muka dengan sabun pembersih.

Setelah anda menggunakan toner, kulit akan menjadi lebih segar dan produksi minyak di wajah akan lebih terkendali. Bukan saja memberikan efek segar setelah menggunakan toner, wajah akan bersih lebih maksimal. Kita telah menyadari bahwa setelah mencuci wajah menggunakan sabun, wajah akan terasa lebih kering dan membuat pH wajah menjadi tidak seimbang. Menggunakan toner adalah solusi yang tepat untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit yang sedang terganggu.

ADVERTISEMENT


Bawa Kertas Minyak Wajah Saat Bepergian

Kertas Minyak Wajah

Saat sibuk beraktivitas, tidak disadari wajah akan mengkilap karena diakibatkan minyak berlebih. Kondisi ini pasti tidak menyenangkan, minyak yang muncul membuat wajah menjadi kusam dan kurang terawat. Kita sudah mengetahui bahwa kertas minyak sangat berguna untuk menyerap minyak yang berlebih di wajah. Menggunakan kertas minyak wajah ini sangat praktis, cukup mudah untuk digunakan serta tidak merusak riasan di wajah.

Kertas minyak wajah ini sangat dibutuhkan saat wajah mulau memunculkan kilap, maka dari itu ia harus berada didalam tas setiap saat. Dengan mengangkat minyak yang berlebih di wajah, membuat make up akan tahan lebih lama. Anda bisa menggunakan kertas minyak ini agar membuat lipstik menjadi lebih tahan lama. Setelah anda mengaplikasikan lipstik, gunakan kertas minyak dan tempelkan pada bibir anda sehingga minyak yang berlebih dapat diserap. Pulaskan kembali lipstik ke bibir anda sehingga menjadi 2 lapisan, cukup simpel bukan untuk membuat lipstik lebih tahan lama menempel.


Gunakan Masker Wajah Khusus Kulit Berminyak

masker wajah untuk kulit berminyak

Gunakan masker wajah yang memiliki formula khusus untuk orang dengan jenis kulit berminyak dan menggunakan kandungan seperti Tea Tree Oil, Clay, atau Charcoal. Jika anda ingin menggunakan bahan-bahan alami, mungkin menggunakan masker wajah madu adalah ide yang tepat untuk anda. Untuk anda pemilik kulit kombinasi, hal terbaik adalah dengan menerapkan wajah pada hanya di zona yang cendrung berminyak saja dan tidak seluruh wajah.

Menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak dapat memastikan bahwa kulit anda akan terhidrasi lebih baik pada bagian wajah yang kering. Anda bisa mengkombinasikan penggunaan masker wajah, oleskan masker pada daerah kering seperti pipi dan dagu. Sedangkan pada wilayah yang berminyak seperti dahi dan hidung, anda bisa menggunakan masker dengan formula pengendali minyak. Gunakan masker wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan Lewatkan Penggunaan Primer

primer untuk kulit berminyak

Primer merupakan langkah awal dalam rutinitas make up anda, dan langkah ini juga tidak boleh dilewatkan. Sama dengan produk make up lainnya, primer juga memiliki beberapa jenis dan pastinya memiliki keunggulannya masing-masing. Ada 4 jenis primer yang terdapat di pasaran saat ini seperti Blurring/Pore-Minimizing, Mattifying, Illuminating, dan Hydrating. Untuk anda yang memiliki wajah dengan jenis kulit berminyak, menggunakan primer dengan tipe mattifying adalah ide yang tepat sehingga wajah terlihat matte.

Primer Mattifying akan membuat riasan di wajah menjadi lebih tahan lama. Daerah T-Zone adalah tempat bersarangnya minyak berlebih di wajah, primer mattifying memiliki formula yang dapat menutupi serta memudarkan masalah pada wajah. Untuk menggunakan primer, ambil primer sesuai dengan kebutuhan saja. Menggunakan primer yang berlebih akan menyebabkan bedak atau foundation menjadi bergumpal. Jangan salah untuk menggunakan primer di langkah awal sebelum anda mengaplikasikan produk make up lainnya.


Gunakan Produk Make Up Matte

Make Up Matte Kulit Berminyak

Sebagai pecinta produk make up, pastinya anda sudah mengenal dengan baik produk bertemakan matte. Matte sangat baik untuk digunakan pada mereka pemilik kulit berminyak sehingga riasan di wajah menjadi lebih awet dan cantik pastinya. Hasil make up matte membuat wajah menjadi lebih halus dan mulus serta bebas akan kilap. Banyak sekali produk matte yang ada di pasaran mulai dari foundation, lipstik, two way cake, dan lain sebagainya.

Make up dengan hasil akhir matte adalah salah satu riasan yang tepat untuk pemilik kulit berminyak. Walaupun hasil akhir matte lebih cocok untuk kulit berminyak, tetapi bisa juga diaplikasikan pada pemilik kulit kering. Untuk kulit kering, anda membutuhkan usaha lebih agar terlihat halus dan bebas dari retak setelah penggunaan. Anda bisa mendapatkan make up dengan hasil akhir matte diberbagai toko kosmetik dengan mudah. Semoga informasi yang kami bagikan dapat berguna untuk anda sehingga mengurangi kilau di wajah dengan jenis kulit berminyak.

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Merk Moisturizer Untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*