Cara Memilih Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Merk Kosmetik yang aman untuk Ibu Menyusui

Bolehkah ibu hamil menggunakan kosmetik? Tentu saja boleh, namun ada beberapa hal yang perlu di pilih secara pasti sebagai ibu hamil. Pasalnya saat sedang hamil, berat badan dan hormonal mempengaruhi sekali pada saat penggunaan make up. Oleh karena itu perlu adanya cara memilih merk kosmetik yang aman untuk ibu hamil yang bisa dilakukan saat memilih. Ada kalanya hal ini penting karena akan mempengaruhi sang ibu yang sedang hamil pula. Simak artikel yang satu ini.

3 Cara memilih Kosmetik yang aman untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil terjadi banyak perubahan, mulai dari perubahan hormonal hingga menyebabkan perubahan pada berat badan. Hal ini mempengaruhi dalam melakukan riasan wajah. Oleh karena itu sebagai ibu hamil, maka anda perlu memahami yang namanya cara memilih merk kosmetik yang aman.

Kosmetik yang dapat menyebabkan alergi pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Padahal saat masa kehamilan, jangan sampai sang ibu sakit karena hal tersebut berbahaya bagi sang janin. Jika anda sudah penasaran bagaimana cara memilihnya, berikut akan dijelaskan secara ringkas untuk memilih kosmetik yang terbaik untuk anda yang sedang hamil.

1. Hindari menggunakan Pewarna kuku

Hal pertama dalam melakukan cara memilih merk kosmetik yang aman untuk ibu hamil adalah hindari pemakaian cat kuku. Walaupun cat kuku terlihat sangat menarik, ternyata cat kuku membahayakan bagi sang ibu hamil. Pada cat kuku mengandung bahan kimia yang bernama phtalates.

Bahan yang satu ini telah dicurigai dapat mengganggu kesehatan janin, bahkan dapat memberikan kelainan pada sang bayi. Hal ini sudah ada beberapa penelitiannya dan hasilnya adalah adanya gangguan pada perkembangan sang bayi hewan ketika dicobakan kepada hewan. Selain itu kandungan tersebut ada pula di hair spray, sehingga anda sebaiknya tidak menggunakannya pula.

2. Hati – hati menggunakan obat jerawat

Hormonal yang sering berubah – ubah saat hamil dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Hal ini cukup mengganggu jika banyak jerawat yang bermunculan. Oleh karena itu anda pasti akan berinisiatif menggunakan obat jerawat. Saran untuk ibu hamil yang akan menggunakan obat jerawat adalah jangan membelinya secara gegabah.

Sebaiknya anda harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter anda. Hal ini menjadi lebih baik dibandingkan anda hanya mengira – ngira saja. Adapun bahan yang berbahaya dari obat ini adalah senyawa asam salisilat. Pada dasarnya hal ini menyebabkan pengelupasan kulit sehingga perlu berhati – hati dan cenderung untuk dihindari apabila obat jerawat mengandung asam salisilat.

3. Jangan gunakan pewarna rambut

Sudah pasti diketahui bahwa ibu hamil memiliki mood yang mudah berubah – ubah. Ketika anda ingin mengubah warna rambut anda, sebaiknya anda tunda sampai anda sudah melahirkan atau sampai anda selesai menyusui sang bayi. Hal ini ditakutkan adanya kandungan yang masuk ke dalam tubuh saat melakukan pengecatan rambut.

Adapun kandungan amonia yang terdapat pada pewarna rambut dapat menyebabkan rasa mual pada sat kehamilan. Inilah salah satu cara memilih merk kosmetik yang aman untuk ibu hamilyang bisa anda lakukan yaitu dengan mencari pewarna rambut yang tidak mengandung amonia atau anda bisa konsultasikan ke dokter sebelum anda menggunakannya.

Demikian informasi yang bisa anda ketahui tentang cara memilih merk kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam menggunakan kosmetik saat hamil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*