10 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Kombinasi (Update Tahun 2022)

Facial Wash Untuk Kulit Kombinasi

Facial wash adalah produk yang tidak boleh dipisahkan dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Tetapi terkadang jenis kulit kombinasi akan membingungkan untuk memilih produk facial wash yang berkualitas dan cocok untuk digunakan. Kebanyak Dokter kulit akan menyarankan untuk menggunakan facial wash sesuai dengan jenis kulit, karena produk yang tidak sesuai tidak akan berdampak positif bagi kulit Anda.

Hal pertama dalam rutinitas perawatan kulit adalah menggunakan pembersih wajah untuk membersihkan kulit ditahap awal. Kita sudah mengetahui betapa pentingnya untuk membersihkan wajah agar sisa riasan, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah dapat dibersihkan sehingga tidak menyebabkan masalah pada kulit.

Tinggal di Kota besar dengan segala aktivitasnya mengharuskan Anda untuk keluar dari rumah, tanpa disadari polusi diluar sana dapat menempel pada wajah dan menyebabkan masalah seperti jerawat. Maka dari itu, perlu untuk membersihkan wajah setelah bepergian keluar rumah. Apalagi jika Anda menggunakan masker saat keluar rumah, polusi dan kotoran bisa saja mengendap di kulit sehingga mengakibatkan munculnya jerawat.

Anda pastinya akan membutuhkan produk facial wash yang sesuai untuk jenis kulit kombinasi Anda. Kulit akan berterimakasih dengan Anda jika menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, rasa segar dan terhidrasi dapat dirasakan setelah menggunakan pembersih wajah. Tetapi, dengan begitu banyaknya produk pembersih wajah diluaran sana yang tersedia, bagaimana untuk menemukan produk yang sesuai dengan kulit Anda?

Rahasianya yaitu dengan mengidentifikasi kebutuhan dari kulitmu, dan ketahui bahan apa yang dicintai oleh kulitmu pula. Itulah mengapa kami memberikan sedikit panduan kepada Anda untuk menemukan produk facial wash yang cocok untuk kulit kombinasi.


Kulit Kombinasi itu Seperti Apa?

Ilustrasi Combination Skin

Masih bingung dengan kulit kombinasi itu seperti apa? Anda bisa melihat ilustrasi yang telah kami tampilkan diatas, seperti itulah gambaran kulit kombinasi. Kulit kombinasi yaitu terdapat dua jenis kulit yakni area kering dan berminyak pada wajah.

Produksi minyak pada wajah tidaklah merata, kelenjar minyak akan lebih aktif pada area T-Zone dan kurang efektif pada area U-Zone. Area berminyak akan melintasi T-Zone seperti dahi, hidung, dan dagu. Pada area tersebut Anda akan mudah untuk mengetahui kelenjar Sebaceous di wajah, ia akan memunculkan pori-pori yang lebh besar sehingga produksi minyak pun lebih banyak.

Apa Penyebab Kulit Kombinasi?

Pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa bisa terjadi kulit kombinasi, dibawah ini kami akan menguraikan beberapa kemungkinan penyebab mengapa kulit menjadi kombinasi. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Genetik

Seperti kebanyakan semua jenis kulit, kulit kombinasi pun dapat dipengaruhi oleh genetik. Umumnya, kulit kombinasi akan ditandai dengan produksi minyak yang tidak merata. Kulit kombinasi akan cendrung menampilkan karakteristik tertentu, seperti pada area berminyak yang menampilkan pori-pori besar, berkilau, hingga berkomedo. Dan pada area kering akan memunculkan masalah seperti kusam, garis halus, kerutan, hingga keriput.

Pengaruh Hormonal

Masalah kulit ini juga diperkuat dengan pengaruh hormonal seseorang. Ia dapat mempengaruhi gejala kulit berminyak dan kering. Kelenjar penghasil sebum memiliki reseptor dan dapat merespon hormon Anda termasuk dengan Testosteron dan Estrogen. Semakin banyak Testosteron yang diproduksi, maka semakin banyak pun minyak yang muncul di kulit.

Faktor Lingkungan

Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi terjadinya kulit kombinasi adalah lingkungan, dimana Anda berhadap dengan panas dan kelembaban. Pada saat kondisi lembab, kelenjar keringan akan menghasilkan keringan yang lebih banyak sehingga kulit akan terasa lembab dan berkilau. Jika pada keadaan panas yang berkepanjangan, kulit akan mengalami yang namanya dehidrasi dan cendrung meningkatkan sensitifitas.

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Penting untuk memahami jenis kulit Anda sendiri agar dapat dengan mudah untuk memilih produk dan rutinitas perawatan apa yang tepat untuk kulit Anda. Merawat kulit kombinasi memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Dibawah ini ada beberapa hal sederhana yang tepat untuk dilakukan pada Anda yang memiliki kulit kombinasi.

Temukan Produk Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Produk facial wash yang akan dibeli untuk kulit kombinasi Anda haruslah dapat merawat kulit pada area yang berminyak dan kering agar dapat lebih bersih serta seimbang. Menggunakan produk yang tepat akan membuat kulit berterimakasih kepada Anda.

Mungkin saja Anda bisa menggunakan dua produk seperti produk bertekstur gel dan lotion pada area berminyak, dan produk bertekstur minyak dan salep pada area kering yang ingin dihidrasi. Itu mungkin salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan produk yang bisa disesuaikan dengan kulit kombinasi, tetapi cara itu mungkin akan menyulitkan bagi mereka yang tidak ingin berlama-lama di kamar mandi.

Kurangi Breakout Dengan BHA

Kulit area berminyak sangat rentan dengan penumpukan kotoran, polusi, dan sisa riasan. Jika tidak ditangani dengan baik, kulit akan menjadi breakout dan itu merupakan berita buruk untuk Anda. Menggunakan exfoliant BHA adalah cara yang tepat untuk kulit pada T-Zone. Pori-pori akan terbuka dan akan menghadirkan kulit baru keatas permukaan.

Gunakan exfoliant BHA pada area berminyak dan bermasalah. Anda akan membantu untuk membersihkan kulit lebih maksimal dan minyak yang berlebih. Kandungan Asam Salisilat pada membantu mengurangi penumpukan minyak dan masalah pori-pori yang tersumbat.

Simpan Blotting Paper

Blotting paper atau lebih dikenal kertas minyak wajah adalah benda yang wajib dimiliki didalam tas makeup Anda. Saat Anda merasa area wajah menjadi lebih berminyak, kertas penyerap minyak di wajah tersebut dapat membantu Anda.

Blotting paper dapat membantu menyerap minyak berlebih di wajah dan menghilangkan kilauan. Hindari menggosok kertas minyak wajah dengan kuat karena memungkinkan kulit akan teriritasi dan minyak pun akan tersebar ke area lainnya sehingga bukan membantu untuk menyerapnya.


Kandungan Facial Wash Terbaik Untuk Kulit Kombinasi

Sebelum membeli produk facial wash untuk kulit kombinasi, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan yang tepat akan dapat mengatur produksi sebum, menghidrasi kulit, dan membantu membersihkan sel-sel kulit mati. So, ini bahan yang harus ada dalam produk facial wash.

Salicylic Acid

Salicylic acid atau Asam salisilat sangat tepat untuk digunakan pada kulit kombinasi yang terasa berminyak. Kandungan Asam salisilat pada sabun pencuci wajah akan melarutkan keratin yang mengikat sel-sel kulit mati dan juga bersama-sama mengelupas kulit secara lembut. Ia juga dapat menghambat produksi minyak berlebih di wajah.

Anda mungkin akan lebih membutuhkan produk facial wash dengan kandungan Asam salisilat selama musim panas, ketika saat itu kulit akan lebih banyak memproduksi minyak. Gunakan produk beberapa kali dalam seminggu, kecuali ada saran penggunaannya mengharuskan untuk menggunakannya setiap hari. Lanjutkan penggunaan pelembab secara rutin untuk mengisi kelembaban pada kuit.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah salah satu jenis humektan, ia dapat membantu menahan air dan sudah terbukti dapat mempertahankan elastisitas kulit. Pada saat musim panas, kulit juga akan membutuhkan kelembaban atau apabila Anda banyak beraktivitas diruangan ber-AC sudah pasti kulit akan terasa lebih kering maka dari itu dibutuhkan Asam hialuronat untuk mengunci dan mempertahankan kelembaban.

Facial wash dengan kandungan Hyaluronic acid cocok digunakan untuk kulit kombinasi agar kulit pada area kering tidak dehidrasi, ia juga tidak menyebabkan T-Zone menjadi berjerawat. Sabun pembersih wajah untuk kulit kombinasi dengan kandungan Hyaluronic acid didalamnya sangat aman untuk digunakan setiap hari.

Glycolic acid

Glycolic acid adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak digunakan sebagai kandungan chemical peel. Formula tersebut dikategorikan sebagai pembersih untuk eksfoliasi, molekul yang kecil dapat menembus kulit secara mendalam untuk membersihkan kotoran, polutan, hingga sel-sel kulit yang mati.

Asam glikolat dapat membuat kulit menjadi terasa kering, kemungkinan besar Anda tidak menggunakannya setiap hari. Kombinasikan dengan penggunaan produk pelembab yang cocok dengan kulit Anda. Penggunaan pembersih wajah berbahan AHA disarankan untuk mereka dengan jenis kulit kombinasi yang cendrung berminyak.

Vitamin E

Produk dengan kandungan vitamin E sangat baik karena terdapat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan dari kulit. Digunakan secara topikal, ini adalah kandungan yang efektif untuk mencegah kerusakan pada kulit karena dampak akibat sinar matahari.

Sabun pembersih wajah dengan kandungan vitamin E dapat melembabkan area wajah yang kering tanpa membuatnya berat pada area berminyak.

Lidah Buaya

Tanaman ini banyak digunakan pada produk-produk skincare. Lidah buaya memiliki sifat yang menenangkan dan menghidrasi kulit. Pembersih wajah dengan kandungan gel lidah buaya dapat menghidrasi kulit pada area yang kering, ia juga dapat menenangkan iritasi dan peradangan yang terjadi di kulit.

Chamomile

Untuk pemilik kulit kombinasi yang cendrung kering, Chamomile adalah kandungan yang tepat untuk digunakan karena dapat meredakan kemerahan dan iritasi. Suhu dingin di ruangan ber-AC dapat membuat kulit menjadi kering, maka dari itu dibutuhkan kelembaban agar tidak membuat kulit pada area kering menjadi kusam dan muncul garis-garis halus.

Chamomile adalah kandungan yang cukup lembut untuk kulit sehingga bisa digunakan untuk sehari-hari, dan bahkan kulit sensitif pun dapat menggunakannnya.


Facial Wash Untuk Kulit Kombinasi

Kami telah merangkum beberapa produk facial wash yang cocok untuk digunakan pada kulit kombinasi. Anda bisa memilih produk mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Yuk, simak daftarnya dibawah ini.

1. Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser

Cosrx Low PH Good Morning Gel Cleanser
Image by Tokopedia.com

Produk pembersih wajah ini menggunakan formula yang lembut yang menawarkan pH level seimbang untuk kulit, facial wash untuk kulit kombinasi ini disarankan untuk digunakan pada pagi hari. Ia dapat membersihkan kulit yang sensitif sekalipun dengan cara yang lembut, dan terdapat kandungan eskfoliator didalamnya.

Gel cleanser ini dapat membantu untuk eksfoliasi kulit dan memberikan kelembaban pada kulit. Pembersih wajah tersebut dapat mengangkat kotoran, polutan, dan sel-sel kulit mati sehingga terasa lebih bersih dan segar. Produk tersebut bebas dari kandungan sulfat, alkohol, silicone, dan paraben. Terdapat kandungan Betaine Salicylate dan Te Tree Leaf oil yang dapat membantu melawan jerawat.

Ukuran Kemasan 150 ml
Kisaran Harga Rp. 110.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

2. La Roche-Posay Effaclar Purifying Foaming Gel Cleanser

La Roche-Posay Effaclar Purifying Foaming Gel Cleanser
Image by Shopee.co.id

Produk facial wash bertekstur foam ini baik untuk digunakan pada kulit kombinasi. Ia dapat membantu membersihkan minyak berlebih di kulit dan mengendalikan produksi sebum. Kulit yang kusam pun akan jauh dari harap Anda, kulit yang sehat dan bebas minyak pun akan Anda dapatkan.

La Roche-Posay Effaclar Purifying Foaming Gel Cleanser dikembangkan dengan begitu baik dan sudah teruji secara Dermatologis, produk tersebut cocok untuk digunakan juga pada kulit sensitif. Pembersih wajah ini bebas dari kandungan alkohol dan sabun. Terdapat kandungan parfum didalam produknya sehingga bisa saja terjadi rasa tidak nyaman untuk kulit sensitif.

Ukuran Kemasan 200 ml
Kisaran Harga Rp. 350.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

3. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser

Kiehl's Ultra Facial Cleanser
Image by Tokopedia.com

Kiehl’s Ultra Facial Cleanser adalah pembersih wajah berbasis foam yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kombinasi. Memiliki formula khusus yang dapat membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit, ia juga tidak akan membuat kulit menjadi lebih kering dan mengelupas. Selain itu, facial wash untuk kulit kombinasi ini dapat melarutkan minyak berlebih dan dapat menyeimbangkan pH alami kulit.

Produk dari Kiehl’s ini menggunakan kandungan sepertu Squalane, Apricot Kernel Oil, Vitamin E, dan Minyak Alpukat. Sudah diuji keamanan dan kelembutan produk tersebut pada kulit, kulit sensitif sekalipun dapat menggunakan sabun pembersih wajah ini. Dikemas dengan Tube yang mudah untuk dibawa bepergian kemanapun.

Ukuran Kemasan 75 ml
Kisaran Harga Rp. 210.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia


4. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Image by Shopee.co.id

Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah produk yang sudah dikenal dengan baik dengan formula yang ramah untuk semua jenis kulit termasuk kombinasi. Formula yang digunakan sudah sejak lama digunakan dan hingga sekarang pun masih digunakan oleh Cetaphil. Kesederhaan formula didalamnya bekerja dengan lembut dan efektif untuk membersihkan kulit serta membuatnya mejadi lembab.

Tidak ada kandungan pengharum sintetis didalam produk tersebut sehingga aman untuk kulit sensitif. Dibuat dengan pH seimbang sehingga dapat menjaga kadar asam dan basa di atas kulit. Produk tersebut sudah teruji secara Dermatologis dan Hypoallergenic sehingga aman untuk digunakan dalam jangka panjang serta ramah bagi kulit sensitif.

Ukuran Kemasan 125 ml
Kisaran Harga Rp. 99.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

5. Neutrogena Oil-Free Acne Face Wash

Neutrogena Oil-Free Acne Face Wash
Image by Shopee.co.id

Produk dari Neutrogena ini sudah berlabel non-comedogenic, label tersebut sangat penting untuk memastikan produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat maka masalah jerawat pun bisa saja muncul. Facial wash ini dapat digunakan untuk kulit kombinasi dan berjerawat. Jika Anda sedang bermasalah denga jerawat, produk ini tepat untuk Anda gunakan.

Neutrogena Oil-Free Acne Face Wash bebas dari kandungan Alkohol didalamnya sehingga tidak memicu alergi. Produk ini bekerja dengan baik untuk menahan produk sebum yang berlebih dan dapat membersihkan kotoran serta debu yang menempel di kulit. Sudah diuji secara klinis dan bebas dari residu. Banyak Dokter kulit yang merekomendasikan penggunaan produk ini.

Ukuran Kemasan 175 ml
Kisaran Harga Rp. 175.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

6. Murad Acne Control Clarifying Cleanser

Murad Acne Control Clarifying Cleanser
Image by Shopee.co.id

Produk dari Murad ini adalah salah satu pembersih wajah berbasis gel yang terbaik untuk membantu melarutkan minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan dapat membersihkan noda serta mencegah munculnya jerawat baru. Diformulasikan dengan dua jenis Asam salisilat, memiliki bentuk yang berbeda untuk merawat kulit setelah dibilas.

Terdapat ekstrak teh hijau yang dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi dan kemerahan. Facial wash ini cocok untuk digunakan pada mereka dengan kulit kombinasi berjerawat dan sensitif. Dikemas dengan tube yang memudahkan untuk dibawa bepergian kemanapun. Gunakan secara teratur untuk melarutkan minyak berlebih dan membersihkan pori-pori, dengan pori-pori yang bersih akan menimalkan munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Ukuran Kemasan 60 ml
Kisaran Harga Rp. 215.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia


7. Glow Recipe Blueberry Bounce Gentle Cleanser

Glow Recipe Blueberry Bounce Gentle Cleanser
Image by Shopee.co.id

Produk tersebut pernah mendapatkan penghargaan dari Byrdie pada tahun 2019 sebagai pembersih gel/foam terbaik. Ia dapat bekerja dengan baik untuk menghapus riasan, dan membersihkan wajah dengan efektif. Dengan formula 3-in-1 dapat menghidrasi kulit tanpa mengelupasnya, pembersih tersebut juga dapat membantu memerangi noda dan jerawat.

Pembersih ini juga dapat membantu produk perawatan kulit lainnya bekerja dengan lebih baik. Menghidrasi secara alami dan meredakan peradangan adalah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh facial wash tersebut. Glow Recipe Blueberry Bounce Gentle Cleanser menggunakan kandungan seperti Hyaluronic acid, AHA, dan Busa yang menghidrasi.

Facial wash untuk kulit kombinasi ini bebas dari kandungan paraben, minyak mineral, sulfat, silikon, alkohol, pewarna sintetis. Ia juga cocok digunakan untuk mereka yang Vegetarian dan bersertifikat bebas dari kekejaman.

Ukuran Kemasan 30 ml
Kisaran Harga Rp. 280.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

8. Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash

Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash
Image by Tokopedia.com

Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash adalah sabun pembersih yang dapat membantu memurnikan dan mengatur produksi sebum berlebih di wajah. Ia juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Produk ini menggunakan kandungan Neem dan Kunyit didalamya.

Neem sudah dikenal dengan baik karena memiliki sifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit, ia juga dapat mengendalikan jerawat agar tidak muncul kembali. Kuyit sendiri dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat dan menenangkan kulit yang meradang, selain itu ia juga dapat melawan radikal bebas.

Selain itu, terdapat juga Fuller’s Earth (MultaniMitti) yang sangat baik untuk mendinginkan dan membantu menenangkan kulit, menyerap kelebihan minyak, dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Ukuran Kemasan 50 ml
Kisaran Harga Rp. 19.500

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

9. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser
Image by Tokopedia.com

Apakah Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat pada area berminyak? Nah, kami rekomendasikan produk facial wash yang cocok untuk menenangkan jerawat. Pembersih wajah ini dibuat dengan bahan alami dan efektif untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di kulit wajah. Terdapat sari lidah buaya yang dapat menutrisi kulit dan memberikan kelembaban.

Selain itu, terdapat ekstra Tea tree, Gotu kola, dan kulit lemon yang menyeimbangkan sebum dan mencegah jerawat. Dapat digunakan setiap hari pagi dan malam hari agar kulit lebih bersih maksimal. Produk facial wash tersebut cocok untuk mereka yang memiliki kulit kombinasi dan cendrung berminyak. Cocok digunakan pada Ibu hamil dan Menyusui. Bahan alami yang dimasukkan didalam kandungannya sangat tepat untuk mereka yang Vegan dan Vegetarian.

Ukuran Kemasan 220 ml
Kisaran Harga Rp. 104.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia


10. Senka Perfect Whip Fresh Anti Shine Facial Foam

Senka Perfect Whip Fresh Anti Shine Facial Foam
Image by Shopee.co.id

Facial wash dari Senka ini dapat digunakan untuk mereka pemilik kulit kombinasi hingga berminyak. Dapat membersihkan debu dan polusi yang menyumbat pada area pori-pori, sabun pembersih wajah tersebut pun dapat mengendalikan kelebihan minyak pada wajah. Terdapat kandungan White Cocoon Essence dan double Hyaluronic acid.

Diperkaya juga dengan kandungan terbaik yang didapatkan dari Jepang yakni Uji Green Tea untuk membantu membersihkan serta melembabkan kulit sehingga bebas dari kilap. Pembersih wajah Senka tersebut memiliki busa yang kaya dengan bahan aktif dari Uji Green Tea, kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas.

Ukuran Kemasan 100 gram
Kisaran Harga Rp. 48.000

Beli produk ini di Shopee
Beli produk ini di Tokopedia

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda terkait facial wash yang bagus dan terbaik untuk kulit kombinasi. Produk yang kami rekomendasikan diatas mungkin akan memberikan hasil yang berbeda untuk masing-masing individu. Jika dalam penggunaan terdapat rasa gatal, ruam merah, rasa kurang nyaman, kami sarankan untuk memberhentikan penggunannya.

Harga diatas mungkin saja akan berbeda-beda untuk setiap daerah dan toko yang menjualnya. Anda bisa mengecek harga terbaru dari setiap produk dengan link yang telah kami sematkan diatas. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, mohon untuk membagikannya ke akun jejaring sosial Anda. Terimakasih!!


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.