Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Dengan Bahan Alami

Kulit kering atau biasa disebut dengan Xerosis, kondisi ini umum terjadi dan banyak sekali penyebabnya. Kebanyakan kasus, kulit kering disebabkan oleh faktor dari lingkungan yang dengan mudah menghilangkan kelembaban kulit. Untuk mengatasi masalah kulit kering harus dengan serius dan teratur. Pemilik kulit kering akan lebih mudah untuk terkelupas, rasa gatal, dan bahkan iritasi.

Lapisan kulit kering setelah memecah akan membuat tekstur kulit terkelupas serta memunculkan garis-garis halus yang terlihat. Pada saat itulah, kulit anda akan kehilangan kilaunya dan membuatnya tampak kusam, jika tidak mengatasi kulit kering secara cepat maka kulit akan sangat kering. Kulit kering dikarena beberapa faktor seperti cuaca, sering mandi air panas, menggunakan bahan kimia keras pada sabun, deterjen, dan pencucian tangan yang berlebih sehingga membuat kulit menjadi hilang kelembabannya.

Mungkin anda menggunakan skin care routine biasa, penting juga untuk memeliharanya dengan menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak berdampak buruk bagi kulit. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi bahan yang mudah didapat di dapur anda, bahan alami ini mampu mengatasi masalah kulit kering jika digunakan secara teratur. Penasaran? Yuk simak dibawah cara membuat racikan untuk mengatasi kulit kering anda.

Kayu Manis dan Madu

masker wajah madu dan kayu manis

  • Langkah 1: Campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok teh bubuk kayu manis.
  • Langkah 2: Oleskan racikan kayu manis dan madu tersebut ke wajah anda.
  • Langkah 3: Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Manfaat:

Kulit kering biasanya dikarena beberapa faktor seperti perubahan cuaca, sabun dengan bahan kimia yang keras, dan konsumsi air putih yang kurang dari kebutuhan harian sehingga menyebabkan dehidrasi. Solusi yang kami berikan untuk anda, bisa dengan mudah anda dapatkan di dapur. Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, madu merupakan pilihan yang tepat untuk merawat kulit kering.

Bukan saja kayu manis yang dapat dikombinasikan dengan madu, anda bisa melihat cara membuat masker wajah madu yang telah kami publikasikan beberapa waktu yang lalu. Racikan kayu manis dan madu dapat membantu sebagai pembersih alami, madu melembabkan kulit sehingga tampak lebih lembab dan bercahaya. Bukan saja itu, kayu manis juga dapat membantu untuk membuka pori-pori dan mengambalikan kelembaban yang hilang. Dua bahan tersebut bisa didapat dengan mudah, lalu rasakan keajaibannya untuk kulit anda.

ADVERTISEMENT


Brown Sugar

Brown Sugar Untuk Kulit Kering

  • Langkah 1: Campurkan 1 sendok makan brown sugar dan satu sendok teh ekstrak minyak zaitun.
  • Langkah 2: Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dan berikan gerakan memutar ke atas, gosok wajah anda dengan lembut hingga beberapa menit.
  • Langkah 3: Biarkan campuran itu di wajah anda sekitar 2-3 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Manfaat :

Brown sugar tidaklah sama dengan gula merah, brown sugar dibuat dari tebu, sedangkan gula merah/aren diambil dari pohon seperti palem. Gula coklat ini memiliki tekstur yang lebih lunak dari gula pasir dan lebih lembut dibandingkan garam. Menggosok racikan minyak zaitun dan brown sugar ke wajah anda dalam 2 kali seminggu dapat merawat kulit kering. Selain itu, racikan ini dapat bekerja untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan menghilangkan kusam di wajah.

Telur

Telur Untuk Kulit Kering

  • Langkah 1: Cuci bersih telur terlebih dahulu agar lebih bersih.
  • Langkah 2: Pisahkan kuning telur dengan putihnya.
  • Langkah 3: Campurkan kuning telur dengan satu sendok makan madu, serta satu sendok teh minyak zaitun, jus jeruk nipis, dan air mawar.
  • Langkah 4: Oleskan campuran itu semua ke wajah anda sebelum anda pergi mandi.
  • Langkah 5: Biarkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Manfaat :

Telur merupakan sumber protein yang baik, dan merupakan salah satu bahan yang bagus untuk merawat kulit kering dan kurang terhidrasi. Kuning telur dibangun dari air dan lemak, zat pengikat air pada telur mampu mengunci kelembaban ke dalam sel-sel kulit. Penggunaan telur yang teratur akan membuat wajah anda menjadi lembut, halus, dan terjaga kekenyalannya.

Masker wajah dengan kandungan kuning telur bekerja dengan baik untuk anda pemilik kulit kering. Kuning telur akan mengatasi kulit kering anda dengan memberikan nutrisi sehingga wajah akan lebih lembab dan tidak kusam. Untuk anda pemilik kulit sensitif, kami tidak menyarankan membuat racikan ini karena terdapat perasan jeruk nipis. Menggunakan campuran ini secara rutin akan mengobati kulit kering anda, dan merupakan pilihan yang tepat.


Multani Mitti

Multani mitti untuk kulit kering

  • Langkah 1: Campurkan dua sendok makan multani mitti dengan 1 sendok makan jus mentimun, dan satu sendok teh madu murni.
  • Langkah 2: Setelah bahan tersebut bercampur layaknya pasta, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit.
  • Langkah 3: Bersihkan wajah anda dengan air.

Manfaat:

Multani mitti atau disebut juga dengan Fuller Earth, adalah bahan alami yang didapat dari kerak bumi. Terdapat konsentrasi mineral dan garam termasuk juga magnesium, kuarsa, silika, besi, kalsium, kalsit, dan dolomit. Fuller Earth bukan saja bermanfaat untuk kulit tetapi bisa juga digunakan untuk merawat rambut anda. Anda bisa mendapatkan dengan mudah multani mitti diberbagai toko online, untuk harga juga beragam.

Multani mitti berasal dari India, tetapi sudah banyak produsen kosmetik yang memanfaatkannya untuk kecantikan. Pemakaian yang teratur akan membuat kulit anda bercahaya dan menghilangkan noda serta bekas jerawat. Bukan saja untuk kulit kering, multani mitti dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Sifat antiseptik, dapat menyerap kotoran, bakteri dan kotoran dari kulit, sifat mendinginkan memiliki efek detoksifikasi dan mampu melancarkan peredaran darah. Gunakan racikan tersebut untuk mengatasi masalah kulit kering anda, cukup menggunakannya sekali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Lidah buaya untuk kulit kering

  • Langkah 1: Ambil lidah buaya segar dan ambil gelnya.
  • Langkah 2: Letakkan gel pada telah tangan anda, lalu usapkan ke seluruh wajah dan berikan pijatan lembut agar nutrisi dapat masuk ke dalam kulit.
  • Langkah 3: Disarankan untuk menggunakannya sebelum tidur, biarkan semalaman dan bersihkan wajah setelah terbangun dengan air bersih.

Manfaat:

Lidah buaya memiliki khasiat untuk menyejukkan kulit, pengaplikasian secara teratur akan membuat kulit menjadi halus dan bercahaya. Gel lidah buaya atau aloe vera setiap malam sebelum tidur, akan meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit sehingga mengembalikan kekenyalannya. Jika anda merasa untuk mendapatkan aloe vera sulit, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Nature Republic Aloe Vera. Aloe vera dapat menyembuhkan dan mengandung antiinflamasi sehingga dapat mengobati kulit kering dalam kondisi seperti psoriasis atau eczema.

ADVERTISEMENT


Baking Soda

Baking soda untuk kulit kering

  • Langkah 1: Campur satu sendok teh soda kue dengan minyak almond.
  • Langkah 2: Oleskan ke wajah dengan memberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar.
  • Langkah 3: Bilas dengan air bersih setelah anda melakukan scrub wajah anda kurang lebih selama 3-4 menit.

Manfaat:

Campuran tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik sehingga dapat mengurangi jerawat. Baking soda memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat digunakan sebagai exfoliator yang baik dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan kering. Kami sarankan anda menggunakan campuran tersebut satu kali dalam seminggu. Bahan dapur yang mudah didapat tersebut dapat memberikan keajaiban untuk anda dalam meningkatkan tekstur kulit anda. Baking soda memang baik untuk mengatasi masalah kulit kering, tetapi untuk kulit sensitif harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Pisang

pisang

  • Langkah 1: Hancurkan pisang yang sudah matang dengan garpu.
  • Langkah 2: Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa dengan pisang yang telah dihancurkan tersebut.
  • Langkah 3: Oles campuran pisang dan minyak kelapa tersebut, diamkan selama 20 menit.
  • Langkah 4: Cuci muka anda dengan air bersih.

Manfaat:

Pisang kaya akan kalium, membuat masker wajah dengan pisang dapat membantu melembabkan kulit yang kering. Kulit anda akan menjadi lebih lembut dan kenyal dengan penggunaan yang teratur. Anda pasti akan terkejut bahwa pisang juga memiliki sifat anti-kerut, kulit yang kering lebih rentan dengan garis halus dan kerutan. Gunakan racikan pisang dan minyak kelapa 1-2 kali dalam seminggu, dapat mengatasi kulit kering dengan baik dengan cara menghidrasinya.


Timun

Timun

  • Langkah 1: Ambil 1/4 bagian mentimun dan potong kecil-kecil.
  • Langkah 2: Blender irisan timun sampai menjadi pasta yang halus.
  • Langkah 3: Tambahkan yoghurt atau gel lidah buaya ke dalam timun dan aduk hingga rata.
  • Langkah 4: Oleskan pasta tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Langkah 5: Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

Manfaat:

Mentimun dikemas dengan Vitamin A dan C, kandungan yang luar biasa tersebut sangat berguna untuk anda pemilik kulit kering. Terdapat 90 persen air dan Vitamin E, mentimun dapat melembabkan dan melembutkan kulit anda. Silika yang terdapat pada mentimun merupakan komponen penting untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap kencang. Menggunakan racikan timun dan yoghurt dua kali dalam seminggu, adalah solusi yang tepat untuk anda pemilik kulit kering.

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Merk Moisturizer Untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*